Thursday, June 27, 2019

BAB 9 PRINSIP DAN PRAKTIK EKONOMI ISLAM

A.  Pengertian Mu’±malah
Mu’amalah dalam kamus Bahasa Indonesia artinya hal-hal yang termasuk urusan kemasyarakatan (per - gaulan, perdata, dan sebagainya). Sementara dalam fiqh Islam berarti tukar-menukar barang atau sesuatu yang memberi manfaat dengan cara yang ditempuhnya, seperti jual-beli, sewamenyewa, upah-mengupah, pinjammeminjam, urusan bercocok tanam, berserikat, dan usaha lainnya.
Dalam melakukan transaksi ekonomi, seperti jual-beli, sewa-menyewa, utangpiutang, dan pinjam-meminjam, Islam melarang beberapa hal di antaranya seperti berikut. 1. Tidak boleh mempergunakan cara-cara yang batil. 2. Tidak boleh melakukan kegiatan riba. 3. Tidak boleh dengan cara-cara §±l³m (aniaya). 4. Tidak boleh mempermainkan takaran, timbangan, kualitas, dan kehalalan. 5. Tidak boleh dengan cara-cara spekulasi/berjudi. 6. Tidak boleh melakukan transaksi jual-beli barang haram.

 B.   Macam-Macam Mu’±malah
Sebagaimana telah dijelaskan di atas tentang macam-macam mu’±malah, di sini akan dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut
1.  Jual-Beli Jual-beli menurut syariat agama ialah kesepakatan tukar-menukar benda untuk memiliki benda tersebut selamanya.
a. Syarat-Syarat Jual-Beli Syarat-syarat yang telah ditetapkan dalam Islam tentang jual-beli adalah sebagai berikut
1) Penjual dan pembelinya haruslah:
    a) ballig,
    b) berakal sehat,
    c) atas kehendak sendiri.
2) Uang dan barangnya haruslah:
    a) halal dan suci. Haram menjual arak dan bangkai, begitu juga babi dan berhala, termasuk lemak            bangkai tersebut
    b) bermanfaat. Membeli barang-barang yang tidak bermanfaat sama dengan menyia-nyiakan harta          atau pemboros.
    c) Keadaan barang dapat diserahterimakan. Tidak sah menjual barang yang tidak dapat                            diserahterimakan.
    d) Keadaan barang diketahui oleh penjual dan pembeli.
    e) Milik sendiri,
3) Ijab Qobul  Seperti pernyataan penjual, “Saya jual barang ini dengan harga sekian.” Pembeli menjawab, “Baiklah saya beli.” Dengan demikian, berarti jual-beli itu berlangsung suka sama suka. Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya jual-beli itu hanya sah jika suka sama suka.” (HR. Ibnu Hibban)
  b. Khiyar
      1) Pengertian Khiyar
               Khiyar adalah bebas memutuskan antara meneruskan jual-beli atau membatalkannya. Islam           memperbolehkan melakukan khiyar karena jual-beli haruslah berdasarkan suka sama suka,                 tanpa ada unsur paksaan sedikit pun. Penjual berhak mempertahankan harga barang                             dagangannya, sebaliknya pembeli berhak menawar atas dasar kualitas barang yang diyakininya.
    2) Macam-Macam Khiyar
        a) Khiyar Majelis, adalah selama penjual dan pembeli masih berada di tempat berlangsungnya                transaksi/tawar-menawar. Keduanya berhak memutuskan meneruskan atau membatalkan jual              beli. Rasulullah saw. bersabda, “Dua orang yang berjual-beli, boleh memilih akan meneruskan atau tidak selama keduanya belum berpisah.” (HR. Bukhari dan Muslim).
      b) Khiyar Syarat, adalah khiyar yang dijadikan syarat dalam jual-beli. Misalnya penjual                          mengatakan, “Saya jual barang ini dengan harga sekian dengan syarat khiyar tiga hari.”                       Maksudnya penjual memberi batas waktu kepada pembeli untuk memutuskan jadi tidaknya                 pembelian tersebut dalam waktu tiga hari. Apabila pembeli mengiyakan, status barang tersebut           sementara waktu (dalam masa khiy±r) tidak ada pemiliknya. Artinya, si penjual tidak berhak               menawarkan kepada orang lain lagi. Namun, jika akhirnya pembeli memutuskan tidak jadi,                 barang tersebut menjadi hak penjual kembali. Rasulullah saw. bersabda kepada seorang lelaki,            “Engkau boleh khiy±r pada segala barang yang engkau beli selama tiga hari tiga malam.” (HR.           Baihaqi dan Ibnu Majah)
c) Khiyar Aibi (cacat), adalah pembeli boleh mengembalikan barang yang dibelinya jika terdapat            cacat yang dapat mengurangi kualitas atau nilai barang tersebut, namun hendaknya dilakukan              sesegera mungkin.

No comments:

Post a Comment

BAB 10 SCRIBD

Bab 10 Bangun Dan Bangkitla... by on Scribd